Senin, 26 Desember 2011

Menjadi Pemberani saat berbicara di depan umum

Pernahkah kamu merasa menjadi penakut? Pasti kita semua mengalaminya. Ketakutan itu wajar, tetapi jika karena ketakutan kita menjadi tidak mau dan tidak bisa melakukan apa-apa.

Di kesempatan pertama ini  saya akan berbagi tips untuk membantu anda semua mengurangi rasa takut atau nerfes pada saat tampil di depan atau di panggung.

A. Tenangkan diri.
Semakin anda tenang, semakin baik persentasi yang anda lakukan. ketenangan hati sangat mempengaruhi ketika kita bekerja. Penonton akan tahu keadaan anda waktu di depan,. jika anda tidak PD (percaya diri) penonton akan tahu melalui gestur (bahasa tubuh anda). Semua persiapan yang sempurna akan percuma jika anda nerfes.
Sering kita merasa takut untuk melakukan kesalahan. Padahal setiap orang wajar melakukan kesalahan. santai saja. yang penting anda sudah berani mencobanya. Berdo'a merupakan hal terampuh untuk menenangkan diri. Mintalah bantuan Tuhan agar urusan anda lancar.
B. Ambil nafas 3x.
Mengambil nafas perlahan dengan terarah dan santai, akan membuat tubuh dan pikiran anda rileks. ini akan membantu anda untuk siap melakukan persentasi. kenapa harus menghitung? Ya, ini akan membantu alam bawah sadar anda untuk mempersiapkan mental dan tenaga ketika anda persentasi nanti.

C. Mulai menghitung 1, 2 dan 3.
Ini kelihatannya sepele. tapi sangatmembantu ketika anda akan tampil. Menghitung 1, 2 dan 3 akan membatu anda mengumpulkan tenaga. Tenaga itu yang dibutuhkan untuk persentasi.
D. Tersenyumlah 
Tersenyumlah yang tulus, dan normal. Ini akan membantu anda tampak tenang di depan pada saat anda persentasi. Tersenyum memberikan kesan pandai, pintar di depan penonton. Jika anda mau sekali-sekali melihat audience (penonton). Hal ini perlu agar anda tahu reaksi apa yang terjadi saat anda peesentasi dan setelah persentai. Lihat dampak yang terjadi setelah persentasi ini terjadi.

D. Tatap kepala penonton jangan mata penonton.
Jika anda benar-benar takut, jangan sekali-kali anda menatap mata penonton. itu akan membuat benteng keberanian yang anda bangun menjadi hancur. biasanya penonton memiliki berbagai macam reaksi yang tidak bisa anda duga dan anda atur. Mereka akan jujur pada apa tersaji di hadapan mereka.
 
Salah satu hal yang terpenting adalah anda harus menguasai materi yang akan dipersentasikan.Semoga bermanfaat ya...

Tetap semagat.

SEMANGAT  3x.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar